Apa Manfaat Gymastic Bagi Tubuh

Athletics (photo by Tobias Quartey)

Gymnastic atau senam terdiri dari gerakan-gerakan yang luas atau menyeluruh dari latihan-latihan yang dapat membangun atau membentuk otot-otot dalam tubuh. Gymnastic memiliki transisi dalam gerakan mereka, mereka bergerak cepat dari satu bentuk kekuatan ke bentuk kekuatan lainnya. Gerakan ini bekerja di seluruh tubuh secara seimbang dan membawa keselarasan baginya.

Sejarah Singkat

Asal usul Gymnastic berasal dari zaman kuno. Orang Yunani dan Romawi adalah praktisi Gymnastic, mereka menggunakan pelatihan Gymnastic untuk mempersiapkan kekuatan militer mereka untuk menjaga fisik dalam pertempuran. Misalnya, latihan ini dapat membantu seorang prajurit menguasai keterampilan seperti berkuda. Penggunaan istilah Gymnastic diterapkan pada jenis latihan yang dipraktikkan di tempat bernama gymnasium, tempat para atlet Yunani zaman kuno melakukan latihan tanpa pakaian.

Zaman setelahnya, angkatan Laut AS mengadopsi Gymnastic pada tahun 1942 sebagai latihan untuk membuat pilot mereka tidak merasa takut. Divisi Lintas Udara 101 Angkatan Darat AS menggunakan panduan latihan dari Angkatan Laut  yang digunakan untuk mengembangkan kelincahan, keseimbangan, kekuatan, dan kepercayaan pada prajurit. Selain latihan militer, gerakan Gymnastic digunakan untuk memberikan hiburan.

Dalam abad Yunani kuno sampai zaman ini, pun Gymnastic banyak dilakukan untuk menjaga kesehatan dan membuat pertumbuhan badan yang harmonis. Tetapi kemudian Gymnastic mulai dilombakan dengan dibuatnya peraturan-peraturan dalam Olimpiade. Pada awal Olimpiade modern, Gymnastic dianggap sebagai suatu demonstrasi seni daripada sebagai salah satu cabang olahraga yang teratur.

Gymnastic dalam kejuaraan adalah olahraga yang sengit dan kompetitif, yang membutuhkan keberanian, kekuatan, kerjasama tim, keterampilan dalam gerakan seni, dedikasi dan kerja keras.

Berdampingan dengan renang dan anggar, Olimpiade Gymnastic dikelompokkan ke dalam divisi yang berbeda, yaitu; artistik, ritmik, dan trampolin. Gymnastics artistic merupakan salah satu cabang olahraga senam yang paling banyak ditonton.

 

Kenapa Gymnastic Diperlukan?

Gymnastic secara umum adalah olahraga yang mencakup latihan yang membutuhkan keseimbangan, kekuatan, kelincahan, koordinasi, dan daya tahan. Gerakan-gerakan yang terlibat dalam Gymnastic berkontribusi pada pengembangan otot inti (core muscles) seperti otot bagian lengan, kaki, bahu, punggung, dada, dan perut.

Tetapi Kekuatan (strength) dan pengkondisian (conditioning) adalah salah satu aspek terpenting dalam olahraga ini. Ini adalah pilar dasar yang harus ada dalam pelatihan yang akan memengaruhi hasil, kesehatan fisik, juga dapat mengurangi resiko cedera. Ada banyak atribut lain dalam Gymnastic seperti mobilitas dan fleksibilitas, tetapi power adalah atribut yang lebih dominan. Secara keseluruhan, Gymnastic adalah kombinasi dari itu semua.

photo from CrossFit, Inc

Gymnastic adalah elemen penting ketiga setelah pemenuhan nutrisi dan kondisi metabolisme yang diperlukan tubuh. Ketiga komponen ini merupakan pondasi yang berperan penting dalam membentuk dasar tubuh manusia. Maka jika Anda meletakkan Gymnastic sebelum melakukan cabang olahraga lain, maka tubuh Anda akan lebih siap untuk melakukan kegiatan setelahnya.

Jika Anda adalah pegiat olahraga, apapun itu, Anda akan sangat terbantu dengan menguasai dasar-dasar gerakan ini. Olahraga apapun yang Anda lakukan setelahnya, Anda akan menjadi lebih baik di sana karena latihan ini memberi Anda literasi fisik dan kesadaran tubuh, dan kekuatan yang benar-benar dapat Anda kuasai di semua cabang olahraga.

 

Manfaat Gymnastic

Gymnastic adalah salah satu latihan terbaik untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Salah satu manfaat Gymnastic adalah untuk membentuk otot, Anda akan mendapatkan kekuatan dari otot inti yang dipelukan untuk olahraga lainnya. Otot inti adalah kumpulan otot-otot yang berfungsi dalam menjaga stabilitas regio lumbar dan abdominal. Otot inti yang kuat berguna untuk menjaga keseimbangan proporsi otot-otot tubuh dalam melakukan keseluruhan rantai kinetic gerak tubuh kita.

Tidak hanya itu, berikut ini 9 manfaat Gymnastic dan bagaimana latihan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan:

  • Meningkatkan fleksibilitas
    Gymnastic dapat mengkondisikan otot agar lebih fleksibel yang akan membantu mencegah cidera.
  • Kesehatan tulang
    latihan menahan beban bermanfaat bagi tulang, menjaganya tetap bugar dan mencegah kerapuhan.
  • Membakar lemak
    melakukan Gymnastic secara rutin dapat membantu membakar kalori dengan meningkatkan detak jantung, dan melibatkan otot tubuh seperti otot lengan, kaki, punggung, bahu, dan perut.
  • Mencegah penyakit
    seorang pakar mengatakan rutin melakukan Gymnastic membantu mencegah penyakit jantung, kanker, obesitas, dan diabetes.
  • Membangun kedispilinan
    Gymnastic membutuhkan banyak disiplin diri seperti berlatih tepat waktu dan berlatih dengan rasa sakit dan ketidaknyamanan.
  • Membangun kekuatan
    karena Anda harus menggunakan otot sedemikian besar saat melakukan setiap gerakan, hal ini membuat Anda lebih kuat secara fisik.
  • Koordinasi gerakan
    Gymnastic membutuhkan koordinasi, dan saat Anda melanjutkan, koordinasi Anda akan sangat meningkat.
  • Postur yang baik
    Postur yang baik menghilangkan banyak masalah yang mungkin diderita seseorang. Melatih otot inti artinya melibatkan penguatan otot secara keseluruhan dan juga mencegah bungkuk. Postur yang baik membantu mengurangi keausan pada tulang belakang dan juga memungkinkan seseorang bernafas lebih baik.
  • Menghilangkan depresi
    Melatih pikiran untuk merasa bahagia dan bebas stres melibatkan latihan fisik secara teratur. Latihan Gymnastic dengan intens dan konsisten dapat meningkatkan kondisi pikiran kognitif dan emosional.

Anda sekarang tahu mengapa Gymnastic sangat penting bagi sebagian besar orang. Manfaat Gymnastic sangat banyak untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Latihan ini dapat menghindari depresi, meningkatkan kepadatan tulang, dan meningkatkan mental dan fungsi kognitif yang lebih baik.

 

Memulai Rutinitas Gymnastic:

Tanpa sebuah repetisi, olahraga ini tidak akan terlihat sempurna. Demi mencapai tujuan yang ingin Anda capai, mari kita jabarkan beberapa tahap penting yang perlu dilakukan pemula.

  1. Tentukan jadwal
    pelatihan 3 kali seminggu sangat ideal untuk pemula untuk menargetkan semua kelompok otot. setiap hari berfokus pada program pelatihan yang berbeda mulai dari lоw-іntеnѕіtу, mеdіum-wеіght іntеnѕіtу, sampai hіgh-іntеnѕіtу.
  2. Lakukan gerakan dasar dengan benar
    Seperti halnya olahraga lain, mempelajari gerakan dasar sangat penting untuk pelatihan. Karena Gymnastic adalah olahraga kelenturan, kekuatan, dan kelincahan. Penting untuk menguasai dasar-dasarnya sebelum melanjutkan ke gerakan yang lebih kompleks.
  3. Lakukan peregangan sebelum dan sesudah latihan
    Peregangan sebelum dan sesudah latihan senam memiliki saraf positif. ini membantu dalam merilekskan semua kelompok otot untuk mengurangi kekakuan dan kram otot. juga, peningkatan peregangan menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam rentang gerak dan keseimbangan. Peregangan penting untuk meningkatkan kekuatan dan mencegah kelelahan yang disebabkan oleh latihan intensitas tinggi. pesenam yang melakukan peregangan untuk pencegahan cedera juga melaporkan kekuatan otot yang lebih baik dan mengurangi kekakuan otot setelah latihan. ini juga dapat mencegah seringnya robekan otot dan masalah lutut.
  4. Tidur yang cukup
    Penting untuk mendapatkan tidur yang cukup untuk latihan yang lebih baik. Pemula butuh tidur lebih banyak untuk mengurangi stres pada otot dan tulang. Tidur juga membantu pemulihan fisik, terutama setelah melakukan beberapa sesi.
  5. Berlatih setelah makan
    Penting untuk makan dengan benar sebelum berlatih. Makanan yang baik akan meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi energi bar, oats, dan buah kering sebelum berlatih juga dianjurkan.
  6. Pastikan untuk tetap terhidrasi
    Dehidrasi dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti penurunan aliran darah, suhu, dan keringat pada olahraga. Faktor-faktor ini dapat menyebabkan penyakit termasuk penyakit imunitas.
  7. Melakukan diet sehat
    Tubuh membutuhkan nutrisi untuk membantu memproduksi energi dan menambah stamina. seorang pesenam membutuhkan asupan kalori yang tinggi untuk menghindari kelelahan. Nutrisi penting lainnya termasuk karbohidrat dan protein. Makanan seperti gandum utuh, beras coklat, dan sayuran juga termasuk makanan bergizi tinggi. Seperti halnya sayuran hijau yang tinggi serat dan membantu penyerapan protein lebih baik. Sementara makanan tanpa lemak yang terdiri dari telur, ayam, dan daging sapi tanapa lemak juga meningkatkan energi yang dibutuhkan selama latihan.
  8. Jangan stress
    Stres dapat mempengaruhi kinerja fisik yang menyebabkan tekanan darah tinggi, ketakutan, dan sesak nafas. Kecemasan yang berlebihan bahkan dapat menyebabkan penyakit dan masalah otot yang parah. Jadi bersikap tenang sangat kritikal untuk meunjang gerakan latihan yang sempurna.

 

Latihan Dasar

Ada beberapa latihan dasar yang perlu dipelajari dan kuasai, Anda akan menggunakan seluruh tubuh untuk memulai latihan ini. Tetapi kuncinya adalah lakukan gerakan dengan postur yang benar dan juga lakukan repetisi untuk setiap gerakannya. Diantara gerakan dasar tersebut adalah:

  • Plank
    Gerakan plank hampir mirip dengan push-up, tapi menggunakan lengan bawah sebagai tumpuan. Latihan ini sangat efektif untuk memperkuat otot yang berada di pusat tubuh. Latihan plank juga efektif jika ingin membentuk perut yang sixpack.
  • The ring row
    Latihan ini mengembangkan kekuatan inti dan tubuh bagian atas bersama dengan keseimbangan dan koordinasi. Caranya adalah, Pegang cincin dan bersandar ke belakang sampai lengan Anda lurus. Jaga agar tubuh tetap lurus dan tarik dada ke atas ke arah cincin setinggi mungkin.
  • Bodyweight squat
    Ini merupakan gerakan gabungan yang melatih kelompok otot di seluruh tubuh. Lakukan bodyweight squat dengan memulai dalam posisi berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul. Jaga punggung tetap lurus saat Anda menurunkan tubuh dengan setengah berjongkok. Berhentilah begitu paha Anda sejajar dengan lantai, kemudian berdiri dan lakukan repetisi.
  • Push-ups
    Berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep. Posisi awal tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan kiri badan. Kemudian badan didorong ke atas dengan kekuatan tangan. Posisi kaki dan badan tetap lurus atau tegap. Setelah itu, badan diturunkan dengan tetap menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus. Badan turun tanpa menyentuh lantai. Naik lagi dan dilakukan secara berulang.
  • Tuck-ups
    Untuk mengaktifkan otot di seluruh tubuh, lakukan tuck-up dengan berbaring telungkup di atas matras dengan lengan terentang di atas kepala. Secara bersamaan angkat tubuh bagian atas dan bawah, dekatkan lutut ke dada. Jangkau tangan ke lutut dan berhenti sejenak di posisi itu. Kembali ke posisi awal dan ulangi gerakan tersebut.
  • Pull-ups
    Gerakan ini bertujuan untuk melatih kekuatan otot tubuh bagian atas, terutama otot bagian tangan dan punggung. Diperlukan tumpuan yang kuat, seperti pull up bar yang bisa Anda temukan di gym, palang yang tinggi, atau bisa juga ventilasi pintu rumah. Pull up dilakukan dengan cara mengangkat dan menggelantungkan tubuh pada tumpuan tersebut.
  • Pistols
    Salah satu latihan bodyweight leg terbaik, pistol membutuhkan kekuatan kaki, fleksibilitas, dan keseimbangan yang luar biasa.

 

Kesimpulan

Otot yang kuat tentu akan mempermudah seseorang melakukan berbagai aktivitas fisik setiap harinya. Latihan Gymnastic tidak hanya membawa keselarasan untuk tubuh, tapi juga pikiran, hal ini tentu saja dapat meningkatkan kualitas dalam hidup.

Tidak hanya termasuk olahraga Olimpiade yang kompetitif, gerakan-gerakan dalam latihan panjat, yoga, chalistenics, dan menari, juga termasuk dalam kombinasi latihan Gymnastic.

Gerakan Planche di sebuah taman (photo by GMB Fitness)

Jenis latihan ini membutuhkan fokus, keterampilan, kekuatan, dan kedisiplinan diri. Ada ratusan gerakan dan progres untuk dipelajari, dari latihan untuk beginner sampai advance. Olahraga ini tidak dibatasi dengan usia, Anda dapat berlatih di mana saja dan kapan saja. Gerakan dasar dalam latihan ini dapat dilakukan di atas lantai di dalam kamar, atau di taman sekitar rumah. Maka satu-satunya batasan adalah kreativitas Anda dalam melakukannya.

Tentu saja latihan ini membutuhkan waktu dan kesabaran, karena Gymnastic adalah sebuah perjalanan panjang dan perubahannya datang dalam langkah-langkah yang kecil. Bagaimana progres Anda dalam sebulan? setahun? Jika Anda berulang kali berlatih sampai batas ekstrim, maka tubuh Anda mendatang akan menjadi cerminan dari apa yang Anda latih sekarang. Nahh.. Selamat mencoba! 🙂