Perlengkapan Permainan Futsal

 

unsplash.com
unsplash.com

Pada dasarnya permainan futsal memiliki kesamaan dengan sepak bola, namun karena dilakukan didalam ruangan dengan lapangan yang seukuran bola basket serta total pemainnya yang jauh lebih sedikit, maka ada beberapa perbedaan yang perlu di perhatikan ketika memilihnya.

Sejarah Permainan Futsal dan Perbedaanya Dengan Sepak Bola

Sebelum mengetahui tentang kebutuhan perlengkapan permainan futsal, kita akan sedikit membahas sejarah olahraga ini.

Kata futsal sendiri berasal dari bahasa Spanyol, yaitu fútbol sala atau fútbol de salón, di portugis dikenal dengan futebol de salão yang diterjemahkan sebagai “sepak bola indoor” atau secara harfiah “sepak bola di aula”, olahraga ini juga sering disebut Five-A-Side atau Mini-soccer.

Futsal awalnya di bawah naungan FIFUSA, namun sekarang ada bebagai masalah di dalamanya permainan ini akhirnya berada di bawah naungan FIFA setelah terjadi proses penggabungan, negara yang termasuk didalamnya yaitu, Eropa, Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia, lalu berlanjut ke Amerika Selatan, Afrika, Asia dan Oceania.

Pada dasarnya permainan futsal hampir sama dengan sepak bola, dimana setiap tim memperebutkan bola untuk mencetak gol dan berfokus pada kekuatan fisik terutama kaki, tetapi karena lapangan yang di gunakan lebih kecil serta pemainnya setengah dari pemain sepak bola, maka waktu permainan futsal di lapangan memiliki durasi yang jauh lebih cepat.

Salah satu ciri perbedaannya yang paling terlihat adalah, jika sepak bola biasanya dimainkan secara outdoor , maka futsal adalah jenis permainan indoor.

berikut beberapa pengetahuan dalam permainan futsal:

  • 5 pemain di lapangan
  • Pergantian pemain cadangan tanpa batas (12 Pemain dalam Tim)
  • 20 menit per babak dengan 1 kali time-out per babak
  • Tidak ada permainan bahu atau sliding tackles
  • penjaga gawang (Keeper) tidak boleh menguasai bola selama lebih dari empat detik
  • Tidak ada aturan Offside
  • melakukan backpass ke penjaga gawang
  • Pemain yang dikeluarkan lapangan dapat diganti setelah 2 menit atau lainnya telah mencetak gol
  • Tendangan sudut ditempatkan di sudut

Perlengkapan Permainan Futsal

Memiliki pengetahuan dasar tentang perlengkapan pada permainan futsal adalah hal yang penting bagi para pemain pemula ataupun pemain resmi, terutama untuk menjamin keselamatan ketika sedang latihan, sekaligus mengetahui daftar harga saat ingin membelinya.

berikut beberapa informasi perlengkapan dan peralatan permainan futsal yang harus kamu tahu.

1. Lapangan Futsal

Ukuran lapangan futsal tergantung pada jenis futsal yang dimainkan, sehingga hal ini juga akan mempengaruhi standar perlengkapan permainan futsal.

Lapangan di indonesia sendiri biasanya lebih kecil dibandingkan di internasional. standara panjang lapangan futsal adalah dari 25-42 meter (Nasional) dan 38-42 (Internasional), untuk lebarnya dari 15-25 meter (Nasional) dan 18-25 (Internasional)

2. Bola Futsal

Perlengkapan permaian futsal yang pertama adalah bola. ukuran bola futsal lebih kecil dengan kepadatan yang disesuaika pada permukaan lantai yang  keras, bola futsal dirancang khusus sesuai standar untuk penggunaan di dalam ruangan.

Semakin besar nomor ukuran bola futsal, semakin besar keliling bola. berikut ukuran yang di sentukan sesuai standar SNI.

  • Ukuran 2: usia > 9 tahun
  • Ukuran 3: usia >12 tahun
  • Ukuran 4: usia >13 tahun

3. Perlengkapan Pemain pada Permainan Futsal

Jersey futsal

Seragam yang memiliki nomor pemain di bagian belakang, bersama dengan lambang tim di bagian depan serta warna yang berbeda antara tim satu dan tim lain, untuk membantu wasit mengetahui tim mana yang sednag bermain.

Warna untuk keeper memiliki perbedaan untuk membantu wasit mengetahui siapa yang boleh menyentuh bola dan siapa yang tidak. Terkadang jersey penjaga gawang memiliki lengan panjang dan ada bantalan di bagian sikunya.

Shin Guard

Bagian yang juga cukup penting dalam permainan futsal adalah Shin Guard, alat ini digunakan untuk keamanan dan mengurangi tingkat cedera pada bagian tulang kering yang sering menjadi sasaran tendangan meleset atau ketika menghalau bola. 

Meskipun benturan masih bisa melukai dan Shin Guard  tidak 100% mencegah semua cedera, tapi hal ini dapat meminimalkan dampak, rasa sakit, dan memar yang bisa datang dibandingkan tanpa perlindungan.

Shin Guard memiliki bentuk yang sedikit melengkung mengikuti lekuk kaki, agar mampu menutupi bagian depan bawah kaki di tulang kering, biasanya alat ini ditaruh di dalam kaus kaki futsal.

Kaos kaki futsal

Sama seperti sepatu khusus, kaos kaki yang digunakan juga khusu dirancang untuk futsal. Kaus kaki yang panjang untuk menaruh Shin Guard di dalamnya dan biasanya warna kaso kaki disamakan dengan seragam para pemain.

Sepatu

Perlengkapan penting yang harus di miliki hampir di seluruh bidang olahraga lainnya, berbeda dengan sepatu bola, sepatu futsal memiliki outsole datar tanpa cleat. Ini dikarenakan perbedaan lapangan yang digunakan, jika lapangan sepak bola biasa menggunakan tanah atau rumput alami, maka agar kaki dapat memijak dengan baik, tapak sepatu bola dilengkapi tonjolan ( pul ) minimal 6 buah dengan alas sepatu berbahan karet keras agar tahan lama.

Untuk futsal sendiri karena ada di ruang indoor dengan permukaan yang datar dan keras karena bahan lapangannya biasanya menggunakan interlock atau karpet rumput sintetis. Maka tapak sepatunya berbentuk rata tanpa pul dan biasanya berbahan karet yang lebih lentur.

Sangat mudah untuk membedakan cleat sepak bola indoor dan outdoor hanya dengan melihat sekilas. Sepatu sepak bola untuk di dalam ruangan biasanya memiliki outsole datar tanpa cleat dengan sol luar terbuat dari karet dan menampilkan pola sarang lebah atau houndstooth untuk performa terbaik di lapangan interlock atau rumput sintetis

4. Perlengkapan Tambahan Permainan Futsal

Berikut beberapa pilihan aksesoris futsal yang bisa menjadi saran untuk dimiliki, meskipun tidak menjadi kewajiban para pemain futsal, terkadang beberapa pemain awam memilih untuk membeli untuk membantu berlatih.

Tas Futsal

Tas futsal sangat membantu pemain untuk mebawa perlengkapan, contohnya seperti bola, sepatu, dan jersey. Ini membantu pemain tetap terorganisir dan memiliki semua semua hal yang perlu di bawa.

Cones atau Kerucut

Alat yang di gunakan untuk membuat batasan area dan latihan lari para pemain.

Biasanya ada dua jenis cones yang di gunakan, ada yang untuk menandai tepi lapangan latihan, ini biasanya cones yang lebih tingga,  sedangkan cones datar lebih sering digunakan untuk latihan kelincahan.

Pelindung Mulut

Alat ini membantu melindungi daerah mulur untuk mengurangi resiko kecelakan dari tendangan bola futsal, biasanya digunakan oleh penjaga gawang.

Jersey Training

Pakaian yang di gunakan ketika berlatih sebelum berganti menjadi seragam resmi. Walaupun pada level pemula biasanya jarang di gunakan tapi banyak para pemain profesional memiliki perlengkapan khusus pemanasan untuk tim mereka.

Botol Minum

Sama seperti olahraga pada umunya, air sangat penting untuk menghindari dehidrasi dan tetap bugar ketika berolahraga, dengan membawa botol air sendiri menghindari penggunaan plastik yang berulang dan dapat dibawa kemanapun.

Membeli Perlengkapan Futsal

Sebelum seseorang terjun kedalam permainan futsal, maka memilih perlengkapan futsal menjadi syarat penting kedepannya, karena dengan mengetahui informasi tersebut dapat membantu menyeimbangkan kualitas dan biaya dengan cara yang cerdas.

Perlengkapan yang berkualitas juga tersedia dengan berbagai harga, menjadikan futsal sebagai pilihan olahraga yang terjangkau. 

Merawat Perlengkapan Futsal

Banyak perlengkapan permainan futsal bertahan selama beberapa tahun dengan perawatan yang tepat, walaupun terkadang sepatu harus di ganti karena adanya masa pertumbuhan atau beberapa alat lainnya yang memang tidak bisa bertahan lama, tapi dengan perawatan yang tepat mampu membantu memperpanjang masa alat yang dimiliki.

Gunakan tips ini untuk merawat perlengkapan agar dapat digunakan secara langgeng:

1. Menjaga kebersihannya: Bersihkan bola  dan shin guard secara teratur. Bersihkan kotoran dan lumpur dari sepatunya setelah setiap latihan dan permainan. Ini membuat perlengkapan terlihat bagus dan tahan lama.

2. Gunakan inflasi yang tepat: Menggembungkan bola dengan benar akan memperpanjang umurnya. Terlalu banyak atau terlalu sedikit udara mempengaruhi bagaimana bola bereaksi dan dapat menyebabkan kerusakan.

Rekomendasi umum adalah inflasi hingga 9 hingga 10,5 pon udara, tetapi periksa daftar di dekat katup bola untuk jumlah yang tepat.

3. Simpan perlengkapan di dalam ruangan: Sangat menggoda untuk meninggalkan perlengkapan futsal di dalam mobil agar mudah diakses, tetapi suhu ekstrem merusak perlengkapan, terutama bola sepak. Kemas semua perlengkapan futsal kedalamtas yang dapat dibawa dengan mudah kemanapun  untuk latihan dan bermain.

4. Hindari kelebihan berat beban: Berat beban yang menyebabkan penekanan pada bola dapat mengubah bentuknya. Ingat untuk tidak duduk di atas bola, dan jauhkan benda-benda berat darinya.

Beban yang berat juga dapat merusak perlengkapan lainnya, seperti Shin Guard atau benda lainnya. Jadi selalu ingat untuk menyimpan perlengkapan di tempat yang aman di mana tidak ada benda berat yang dapat merusaknya.

Dengan mengetahui apa saja perlengkapan permaian futsal akan membantu kita untuk memahami ketika memilihnya, sehingga kita mampu merawatnya dengan baik.

Kunjungi website masterinterlock.com untuk mendapatkan berbagai informasi perlengkapan permainan futsalolahraga serta pemesanan rumput sintetis dan lantai interlock futsal.